Sholat yang ditinggalkan ketika darah haid keluar

Seorang wanita yang sedang haid maka tidak wajib menqodo sholat fardlu yang ditinggalkannya. Juga haram melakukan ibadah seperti sholat, membaca Al Quran, berdiam diri di masjid keculai berzikir. Berzikir yang dimaksud ialah ingat kepada Allah atau kebesaran Allah. Misalnya wanita yang sedang haid ketika dapat musibah lalu ia berkata "innalillahi wainna illahi roji'un" atau ketika mendapat nikmat lalu mengucapkan "alhamdulillah" dan lain-lain. 

Dalam kasus ini ketika masuk waktu sholat fardlu sebagai contoh waktu sholat duhur (12.00-15.00 WIB). Ada seorang wanita mengetahui darah haidnya keluar Pukul 13.30 WIB, yang jadi masalah adalah ia belum melakukan sholat duhur padahal sholat duhur tersebut mungkin bisa dikerjakan sebelum ia tahu darah haidnya keluar. Sehingga ia hutang sholat duhur dan wajib hukumnya menqodo sholat duhur setelah suci (mandi besar). Akan tatapi seandainya ia sudah mengerjakan sholat duhur maka tidak wajib mengqodo sholat.

Untuk aturan mengqodo sholatnya telah diterangkan dalam kitab Risalatul Mahid, berikut aturannya :


gambar di atas saya scan dari kitab Rishalatul mahid 

Penjelasan aturan tersebut mengikuti aturan jamak sholat dikarenakan pasangan sholat jamak keduanya saling nyetrum.
Pasangan sholat jamak :
  1. duhur dengan ashar
  2. magrib dengan isya'
Supaya lebih jelas  tabel di dalam kitab tersebut saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia :



keterangan :
qodo : melakukan sholat tidak pada waktunya (hutang sholat)
ada' : melakukan sholat pada waktunya
mampet : berhentinya darah haid

Penjelasan tabel:

pada tabel 1 :
  1. Saat keluar darah haid di waktu duhur dan belum sempat melakukan sholat duhur, maka setelah bersuci wajib mengqodo sholat duhur dan asyar.
  2. Saat keluar darah haid di waktu asyar dan belum sempat melakukan sholat asyar,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat asyar.
  3. Saat keluar darah haid di waktu magrib dan belum sempat melakukan sholat magrib,  maka setelah bersuci wajib mengqodo sholat magrib dan isya.
  4. Saat keluar darah haid di waktu isya dan belum sempat melakukan sholat isya,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat isya.
  5. Saat keluar darah haid di waktu subuh dan belum melakukan sholat subuh,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat subuh.

pada tabel 2 :
  1. Ketika darah haid mampet di waktu duhur, maka setelah bersuci melakukan sholat duhur. Jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.
  2. Ketika darah haid mampet di waktu asyar, maka setelah bersuci melakukan sholat asyar (ada') dan disambung dengan mengqodo sholat duhur.
  3. Ketika darah haid mampet di waktu magrib, maka setelah bersuci melakukan sholat magrib (ada'). Jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.
  4. Ketika darah haid mampet di waktu isya, maka setelah bersuci melakukan sholat isya (ada') dan dan disambung dengan mengqodo sholat magrib.
  5. Ketika darah haid mampet di waktu subuh, maka setelah bersuci melakukan sholat subuh (ada'). Jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.


Ringkasan:

Misalnya dalam pasangan sholat jamak:
sholat ke-1 = duhur/magrib
sholat ke-2 = asyar/isya

tabel 1:
  • Apabila hutang sholat ke-1 maka wajib menqodo sholat ke-1 dan ke-2,
  • Abapila hutang sholat ke-2 maka wajib mengqodo hanya sholat ke-2


tabel 2:

  • Apabila mampet di waktu sholat ke-1 maka setelah bersuci/mandi besar kemudian sholat seperti biasa (tidak ada mengqodo sholat)
  • Apabila mampet di waktu sholat ke-2 maka setelah bersuci/mandi besar kemudian melakukan sholat ke-2 ditambah qodo sholat ke-1



Contoh kasus : apa yang dilakukan setelah bersuci dari haid bila terdapat kasus :

  1. seorang wanita yang keluar darah haid diwaktu duhur dan belum melakukan sholat duhur, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet diwaktu isya.??
  2. keluar darah haid di waktu sholat magrib dan belum melakukan sholat magrib setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet diwaktu sholat magrib?
  3. keluar darah haid diwaktu subuh tapi sudah sholat subuh, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet jam 22.00 wib??
  4. keluar darah haid diwaktu sholat asyar tapi sudah sholat asyar, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet jam 09.00 pagi??
  5. kluar darah haid jam 08.00 pagi, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet di jam 11.00 pagi??
jawab :
  1. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat isya biasa (ada') dan mengqodo sholat duhur, asyar, dan magrib
  2. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat magrib biasa (ada') dan mengqodo sholat magrib dan isya.
  3. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat isya biasa (ada') dan mengqodo sholat magrib.
  4. tidak wajib mengqodo sholat.
  5. tidak wajib mengqodo sholat karena saat keluar darah haid diwaktu luar sholat fardlu.
Demikian penjelasan dari saya, bila masih bingung silahkan komentarnya...!! makasih :)

1 komentar:

  1. Sholat Yang Ditinggalkan Ketika Darah Haid Keluar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sholat Yang Ditinggalkan Ketika Darah Haid Keluar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sholat Yang Ditinggalkan Ketika Darah Haid Keluar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus
Warning!
- Tinggalkan jejak anda di kolom komentar.