Rumah Tangga Harmonis



Kewajiban seorang suami adalah menafkahi istrinya secara lahiriyah maupun batiniah. Tugas seorang suami adalah melindungi keluarganya dari siksa api neraka.

Kewajiban seorang istri adalah mentaati suaminya.
Tugas seorang istri adalah di kasur, di dapur, dan di sumur....hehehe guyon..:D
istri yang baik sesibuk apapun pekerjaan istri jangan sampai meninggalkan tugas dan kewajiban utamanya. Dan suami yang baik adalah suami yang bisa memberikan yang terbaik buat keluarganya. Di dalam kitab uqudulijen dijelaskan seorang suami lebih utama mentaati keempat orang tuanya daripada taat kepada istrinya sedangkan bagi istri lebih utama mentaati suaminya daripada taat kepada orang tuanya. 
Kalau bicara tentang keluarga yang harmonis kembali lagi apa yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW karena beliaulah tauladan bagi umat. Dalam rumah tangga beliau, beliau sangat memulyakan  dan sangat menjaga hati istrinya bahkan Anas bin malik sahabat nabi bersumpah “demi Allah , selama bertahun-tahun menjadi pembantu rumah tangga rosul, saya belum pernah mendengar rosul marah-marah terhadap istrinya, saya belum pernah mendengar rosul mencaci maki istrinya”.

Sejarah mengatakan ketika Rasulullah pulang kemaleman dari masjid. Di dalam rumah Aisyah mungkin terlalu capek menunggu akhirnya ketiduran. Sampai di rumah rasulullah mengketok pintu dan mengucapkan "Assalamualaikum Aisyah.." sampai 3x tidak ada jawaban. Subhanalloh Rasulullah bahkan tidak marah justru beliau membentangkan serban di depan pintu dan beliau tidur. ketika sepertiga malam Aisyah terbangun melihat kanan kirinya tidak ada rasulullah, Aisyah langsung pergi keluar ketika membuka pintu dan seketika terkejut dan berkata  “ya rosul maafkan saya semalam saya tidurnya terlalu nyenyak” mendengar ucapan Aisyah, Rasulullah langsung berdiri dan menutup mulut istrinya dengan halus dan berkata "zsszztt...sayang maafkan saya karena pulang terlambat" . 
Subhanalloh begitu indahnya rumah tangga rasulullah.
Tips Rumah tangga harmonis dari Pak kyai mungkin ini bisa membantu...
1. saling menghormati dan menghargai
2. saling pengertian
3. saling menerima kekurangan masing-masing
4. saling percaya dan bisa dipercayai
5. rebutan salah bila ada masalah/konflik batin/perselisihan

0 comments:

Warning!
- Tinggalkan jejak anda di kolom komentar.