Ceramah ustd. Ahmad Al Habsy - Rumah tangga Rasulullah

Berbahagialah orang-orang yang selalu membasahi lidahnya untuk memulyakan rosul dengan sholawat..
ada sebuah riwayat : Allah SWT menciptakan salah satu malaikat, malaikat ini Allah jadikan memiliki mahkota dan mahkota ini menjulang tinggi sampai ke arash, di tengah-tengah mahkota tertulis kalimat yg indah yaitu “Laila haillallah muhamadarrosulullah”. Tugas  mailakat ini setiap hari tiap saat tiap detik Allah suruh turun dari langit ke bumi dan mondar-mandir untuk mencari hamba Allah yang mau membasahi lidahnya dengan membaca sholawat kepada rosul.
Apabila malaikat ini menemukan ada suatu pengajian, ada satu orang, sebuah desa, disana ada hamba Allah yang memulyakan rosul maka malaikat ini akan naik ke langit menghadap Allah seraya melapor kepada Allah. “ya Allah ada suatu pengajian di suatu kampung disana terdapat orang2 yang memulyakan rosul, fulan bin fulan fulana binti fulan.” Coba kita merenung “fulan bin fulan, fulana binti fulan”, tidak hanya hamba Allah yang membaca sholawat yang mulya di mata Allah yang harum di mata rosul tapi juga orang tuanya ikut terangkat derajatnya dihadapan Allah dan rosul. Subhanallah….
Lalu Allah minta malaikat ini untuk setiap sehelai rambutnya membacakan istigfar dan doa buat orang-orang yang mau membaca sholawat rosul. Coba renungkan kita hidup didunia ini mendapat doa dari emak, ustad, ustadzah, kyai saja sudah bahagia, bagaimana kalau yang kita dapatkan doa dari malaikat. Makluk yg tidak pernah maksiat kepada Allah, suatu kebahagiaan yang tidak tergantikan nilainya. Siapa yg ingin derajatnya naik di hadapan Allah, selalu didoakan oleh para malaikat, dan mendapat safaat dari rosul maka kuncinya berbanyaklah membaca sholawat kepada rosul.

Mudah2an Allah yang maha memiliki kekuatan memberi kita kekuatan agar kita bisa mewujudkan rumah tangga yang diridhoi oleh Allah. Setiap orang pasti mendamba-dambakan sebuah rumah tangga yang bagian dari rumah tangga baiti jannati yang didalamnya ada ketenangan.
Ada 3 tipe rumah tangga
  1. Tipe kuburan
  2. Tipe ring tinju
  3. Baiti jannati “rumah tanggaku adalah surga bagiku, rumah tangga bisa memberikan ketengangan batinku”

1. Tipe kuburan
Apa didalamnya ada penangkapan??boleh jadi, mungkin suaminya drakula istrinya suster ngesot. Karena menyeramkan. Bukan demikian bro!! hehe:D

Rumah tangga ini yang tidak ada keromantisan antara suami dan istri. Suami diam istri cuek, suami pergi ke kantor istri lembur gak tau kemana. suami pulang istri pulang tidur satu ranjang diam semuanya tidak ada adegan ngomong2an. Punya suami ganteng seperti apa klo gk pernah ngajak ngomong tidur satu ranjang sama aja dengan penampakan. Maksutnya rumah tangga ini tidak ada keharmonisan, tidak ada komunikasi yang indah, tidak ada bumbu2 keromantisan. Suami yang tidak menempatkan dirinya pada  posisi suami soleh dan istri tidak pada posisi solehah. Rosulullah mengatakan rumah tangga tipe kuburan ini didalamnya tidak pernah dibacakan Al quran. Rumah tangga yg seperti ini ketika ada adzan berkomandan suami istri anak tidak pernah sholat berjamaah, suami istri justru berjamaah di depan TV. Rumah tangga kuburan ini  tidak ada keberkahan, malaikat akan jauh dari rumah tangga ini sehingga rahmat akan pergi darinya. Tidak pernah ada lantunan Al quran. Kata rosul bila ada suatu rumah “laisa lahusaiun minal qur’an” gk pernah di bacakan alquran maka rumah ini seperti kuburan dihadapan Allah SWT.

2. Ring tinju
Jangan2 suami max taison istrinya laila ali. Tiada hari tanpa smackdown nan, atau suami preman, istri jagoan???mungkin juga….hehehe:D

ini rumah tangga selalu berantem, tiada hari tanpa berantem, KDRT menjadi warna dalam kesehariannya. Selalu aja ada kekerasan, suami ngomong satu baris bentak2, istri menjawab satu kaset + kusut. Suami yg tidak ada keharmonisan, bumbu2nya adalah marah-marah. Imam Ali pernah mengatakan “rahmat Allah tidak akan turun bagi suatu kaum bila di dalamnya ada perpecahan, baik kaum dahulu kaum sekarang bahkan kaum yang akan datang”. Ingat kemarahan akan mengantarkan pada perpecahan. Makanya Nabi Muhammad sendiri menjauhkan keluarga beliau dari unsur2 KDRT, menjauhkan keluarga beliau dari unsur2 kemarahan. Bahkan anas bin malik sahabat nabi bersumpah “demi Allah , selama bertahun-tahun menjadi pembantu rumah tangga rosul, saya belum pernah mendengar rosul marah-marah terhadap istrinya, saya belum pernah mendengar rosul mencaci maki istrinya”.

Rosul tidak pernah marah, bisa dibuktikan ada sebuah kisah sejarah betapa rosul pribadi suami yang sabar.
Sejarah pertama, Suatu  hari rosul pulang dari masjid kemaleman. Begitu pulang kehausan katanya minta minum, lalu di bikin minum oleh Aisyah istrinya, mungkin karena Aisyah setengah ngantuk saat bikin minuman mau mengambil gula terambil garam. Tau kan hasilnya apa?? Ketika rosul langsung minum, begitu diminum rosul kaget. Seketika itu Aisyah bertanya “ ya Rosulallah, apa ada salah dengan minuman yang saya buat?” Rosul tau perasaan seorang wanita Beliau jaga, mungkin istrinya susah payah bangun tidur malem2 cari gula gk ketemu udah payah bikin bila dbentak2 malah hancur hati istrinya. Betapa dahsyat rosul pribadi yang pandai menjaga hati nurani wanita. Ketika Aisyah bertanya “ ya Rosulallah, apa ada salah dengan minuman yang saya buat?” Rosul justru berbohong tp untuk membangun kebahagiaan bagi istrinya “ tidak sayang”, lalu Aisyah bertanya “ tapi kok wajahmu begitu ya rosul seperti kaget?”. Kata rosul “wajah ini kaget karena ini menjelaskan minuman hari ini lebih dahsyat dari sebelumnya”. Disimpulkan boleh berbohong dalam ajaran agama, salah satunya berbohong untuk membangun kebahagiaan buat pasangan kita. Istri bohong kepada suami, suami berbohong kepada istri tapi dengan catatan bohonganya untuk jabal khotir yaitu membangun kebahagiaan buat pasangan.

Sejarah kedua, suatu hari rosul pulang dari masjid kemalaman, mau pulang kerumah istrinya nunggu mungkin terlalu lama akhirnya ketiduran. Begitu tidur rosul pulang ketok pintu “assalamualikum aisyah” aisyah tidak mendengar mungkin tidurnya terlalu nyenyak. “assalamualaikum aisyah” masih tidak ada sautan. “assalamualikum aisyah” 3 kali berturut-turut tidak ada jawaban. Marahkan rosul??nehi..nehi..rosul tidak marah. Allahu karim, rosul mengambil serban dan dibentangkan didepan pintu rumah, beliau rela tidur di atas tanah yangg gersang, semata-mata ingin memulyakan seorang wanita istrinya. Bayangkan rosul manusia yang pasti masuk surga aja masih mau begini,, nah kalu kita!! pasti hancur itu rumah..hehe:D begitu rosul tidur, sepertiga malam aisyah terbangun dari tidurnya melihat kanan kiri rosul gk ada, aisyah langung buru2 membuka pintu rumahnya. begitu di buka dia langsung menangis sejadi-jadinya melihat rosul tidur di atas tanah hanya ingin memulyakan dirinya. Lalu dia berkata “ya rosul maafkan saya semalam saya tidurnya terlalu nyenyak” melihat ucapan yg keluar dari istrinya , rosul menjawab dan langsung berdiri menutup mulut istrinya dengan kata2 halus “zsssstt, sayang maafkan karena saya pulang terlambat”, Allah ya karim, bayangkan udah gk dibukain pintu dan tidur di depan rumah, Rosul maui meminta maaf.

3. Baiti jannati
Rumah tangga ini cerminan rumah tangga rosulullah. Rumah tangga baiti jannati 'rumah tanggaku adalah surga bagiku, rumah tangga bisa memberikan ketengangan batinku” inilah rumah tangga yang menjadi idaman bagi semua manusia. rosul tampil menjadi lelaki yang soleh yang memberikan tanggung jawab kepada istri dan anaknya, istri rosul tampil menjadi wanita solehah. Rumah tangga ini yang memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Suaminya soleh dan istrinya solehah. Maaf, nggak penting punya suami ganteng kalau dia tidak soleh dan apalah artinya punya istri cantik kalau dia tidak solehah.

0 comments:

Warning!
- Tinggalkan jejak anda di kolom komentar.