Cara Mudah dan Murah Hidup Sehat

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Sering kita mendengar ungkapan tersebut, tapi bagaimana kita mendapatkan tubuh dan jiwa sehat tersebut ??? Bukan perkara mudah bagi kita untuk mendapatkan tubuh sehat. Selain usaha yan sifatnya fisik seperti menjaga pola makan, olahraga teratur, istirahata cukup ternyata memiliki kebiasaan untuk berpikiran positif juga menjadi bagian penting bagi kita yang ingin sehat jiwa dan raga.
Coba bayangkan betapa menderitanya orang yang selalu berpikiran negatif atau kita sebut dengan suudzon. Dalam kepalanya hanya akan  selalu dihantui oleh pikiran-pikiran yag akan membuat hidupnya tidak tenang pada ujungnya bisa membawanya pd kondisi stress yang dapat melemahkan tubuh kita sendiri.

Bagaimana cara agar kita dapat selalu berpikiran positif ???
  1. Pandai-pandailah bersyukur terhadap anugerah yg sudah kita terima.
  2. Jadikan gosip atau omongan tidak sedap sebagai motivasi untuk lebih maju, bukan menjadi beban pikiran yang akan menghancurkan kita.
  3. Terbuka terhadap kritik dan saran yg membangun dari orang lain.
  4. Memiliki obsesi, tujuan dan cita-cita hidup yang jelas sesuai dengan bakat dan kemampuan kita.
  5. Lihatlah masalah yang datang sebagai tantangan bukan jadi boomerang, karena masih banyak diluaran sana orang yang mempunyai masalah hidup lebih berat dari kita.
  6. Jika kita ingin dihargai, mulailah belajar untuk menghargai orang lain. Posisikan mereka pada posisi kita yang layak pula untuk kita hargai.
  7. Sibukkan diri dengan kegiatan yang positif sehingga tidak memberikan ruang pada pikiran negatif untuk merasuki otak kita.
  8. Banyak membaca , mendengar cerita, melihat acara TV atau browsing di Internet cerita-cerita atau ungkapan yang dapat memotivasi diri.
  9. Bergaul dengan orang yang baik, membuat hidup kita akan berjalan dan ikut terpengaruh ke arah yang baik, begitu pula sebaliknya.
  10. Luangkan waktu untuk merenung, evaluasi apa yang telah kita kerjakan pada waktu-waktu sebelumnya agar kesalahan bisa diperbaiki, dan keberhasilan bisa kita tingkatkan.
  11. Berpikir matang sebelum berucap ataupun bertindak, jangan buat diri kita menyesali apa yg kita kerjakan setelahnya.
  12. Yang paling utama yakinlah bahwa apa yang kita pikirkan dan kerjakan selalu ada yang mengawasi yaitu TUHAN, sehingga akan menjadi kontrol diri dalam mengerjakan suatu hal/pekerjaan.

Segala sesuatu yang kita perbuat adalah selalu bersumber dari dalam pikiran kita sendiri. Pikiran akan mendorong setiap perbuatan yang akan kita lakukan. Setiap yang kita kerjakan akan memberikan dampak pada hidup kita masa kini dan dimasa datang. Karena itu sudah seharusnya kita menjauhi pikiran negatif dalam diri kita agar tidak terjerumus kedalam dampak negatif yang pada akhirnya akan merusak kesehatan jiwa.



0 comments:

Warning!
- Tinggalkan jejak anda di kolom komentar.